5 Aturan Konsumsi Jus yang Tepat Agar Mendapatkan Manfaat Utuh dari Buah

Wartanews.id – Buah merupakan salah satu jenis makanan yang perlu dikonsumsi untuk memberikan asupan vitamin pada tubuh. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah juga dapat diaplikasikan ke dalam olahan jus.

Namun, sewaktu mengolah menjadi jus juga ada aturannya, begitu pula sewaktu mengkonsumsinya. Maka dari itu, aturan konsumsi jus yang tepat untuk kesehatan Anda.

Sebenarnya dalam menyantap jus tetap ada aturannya. Jadi Anda tidak bisa sembarangan langsung mengkonsumsi jus tanpa tahu takarannya. Berikut aturan konsumsi jus yang tepat untuk Anda.

Baca Juga: Kapan Puasa 2021, Berikut Hasil Hisab NU dan Muhammadiyah Penentuan 1 Ramadhan 1442 H

Jus yang memiliki rasa asam bukan untuk dikonsumsi pada pagi hari

Aturan konsumsi jus yang tepat pertama ialah dengan mengkonsumsi jus yang mempunyai rasa asam bukan pada pagi hari. Memang, ketika pagi menjelang, mengkonsumsi jus merupakan alternatif menyegarkan yang dapat dicoba. Sebab jus buah memiliki kandungan air dan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun, jika Anda mengkonsumsi jus dengan rasa asam pada pagi hari, maka dapat timbul sakit perut. Maka dari itu konsumsi jus buah seperti pisang, pepaya, apel atau pun wortel untuk pagi hari.

Baca Juga  Simak, Inilah Khasiat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jus bukanlah pengganti makanan

Jika Anda sedang melakukan program penurunan berat badan, maka dapat mengganti makan malam dengan konsumsi jus buah. Namun semuanya tetap ada aturannya, yang diganti boleh makan malam tetapi tidak untuk waktu sarapan dan makan siang.

Karena tubuh memiliki kebutuhan nutrisi yang harus Anda penuhi. Sedangkan buah-buahan tidak mampu memenuhi keperluan 1.800 kkal yang merupakan jumlah minimal kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Aturan konsumsi jus yang tepat harus Anda jalani, jika tidak maka tubuh akan melemah dan sistem kekebalan tubuh menurun.

Baca Juga  Gak Harus Mahal, 5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Jus juga bukan pengganti dari buah-buahan

Meski pun Anda sudah mengkonsumsi jus buah, bukan berarti Anda tidak perlu konsumsi buah segar. Karena jika Anda terus-menerus mengkonsumsi jus buah tanpa diimbangi dengan buah-buahan segar, maka dapat meningkatkan berat badan. Konsumsi buah segara bermanfaat bagi lambung, sebab ketika proses mengunyah lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal.

Baca Juga  Perhatikan, Inilah 7 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Pantanganya

Konsumsi jus beserta ampasnya

Pada ampas buah terdapat kandungan serat dan vitamin, yang paling umum ialah vitamin C. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi jus beserta ampasnya agar nutrisi tersebut tidak terbuang sia-sia.

Jangan menyimpan jus terlalu lama

Aturan konsumsi jus yang tepat selanjutnya ialah untuk tidak menyimpan jus dalam waktu yang terlalu lama, karena bisa menyebabkan manfaat dari jus menyusut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jus Buah yang Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

Beberapa aturan konsumsi jus yang tepat di atas dapat berguna bagi kesehatan Anda. Hal ini karena mengkonsumsi jus buah juga terdapat aturan yang menyertainya dan harus dipatuhi guna memperoleh manfaatnya yang baik.