DAERAHWARTA DESA

Amin Haras Hadiri Adat Tulude di Karangetang

WARTA NEWS – Prosesi Tulude atau tolak bala dalam bahasa kebudayaan masyarakat suku Sangihe, khususnya yang ada di Desa Karangetang Kecamatan Dengilo, digelar Jumat, (31/1/2020).

Dihadiri Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras, acara ini turut dihadiri Camat Dengilo, Nakir Ismail, Anggota DPRD Pohuwato, Iwan Adam dan Amran Anjulangi, dan disaksikan ratusan warga.

“Dalam rangkaian upacara adat Tulude, di hari yang sama, ini dilaksanakan di beberapa desa yang ada di Puhuwato, yang di desa tersebut terdapat warga Nusa Lawo seperti di Desa Londoun,” kata Wabup Amin dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi agenda tulude ini. Semoga dapat terus dijaga.
Mengingat acara ini merupakan tradisi adat warisan leluhur, yang turun temurun dilasanakan setiap tahunnya, di dalamnya mengandung makna ungkapan syukur atas karunia Tuhan yang Maha Esa,” tambah Amin.

Disisi lain, tradisi adat ini menurut Amin Haras, dapat mempererat rasa persaudaraan bukan hanya antar warga masyarakat sangihe, namun masyarakat secara keseluruhan.

“Oleh karena itu, perlu adanya pengakderan sehingga kedepan tradisi ini trjaga. Selaku pemerintah daerah, kami berkomitmen akan terus mendukung tradisi ini termasuk semua tradisi yang ada di Pohuwato, agar tetap terjaga dan bisa terus diwariskan kepada generasi selanjutnya,” pungkas Wabup Amin. (HMS/Iwan K)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close