Awas! Sering Menahan Kencing Memiliki Dampak Bukur Bagi Tubuh, Simak Penjelasannya

Wartanews.id – Seringkali rasa ingin buang air datang disaat yang tidak tepat seprti ketika berada di tengah kemacetan, di ruang rapat atau di tengah ujian.

Pada saat seperti ini, orang biasanya akan malas atau bahkan malu untuk ke toilet. Belum lagi dengan masalah toilet umum yang seringkali kotor dan menjadi sumber penyakit. Alasan-alasan tersebut seringkali membuatseseorang lebih memilih menahan kencing. Lanntas, apakah ada bahaya menahan kencing bagi kesehatan?

Jika dilihat dari segi medis, menahan kencing tentunya taka akan berimbas baik bagi kesehatan. Salah satu bahaya menahan kencig yang seringkali terjadi adalah infeksi saluran kemih atau ISK.

Baca Juga: Perhatikan, Inilah 7 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Pantanganya

Penyakit ini tergolong penyakit berbahaya  karena dapat memrusak uretra dan bisa saja menjalar pada ginjal. Jika sudah parah, ISK akan menimbulkan rasa sakit ketika berkemih atau bahakan menimbulkan kencing darah.

Baca Juga  Gak Harus Mahal, 5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Bahaya Menahan Kencing

Bahaya menahan kencing lainnya adalah melar atau regangganya kanding kemih. Kandung kemih normalnya mampu menampung 0,4 liter air seni. Namun, jika sering menahan buang air kecil, kandung kemih akan melar dan reggang. Jika dibiarkan terus-menerus, otot disekitarnya akan mulai mengendur sehingga orang tersebut kehilangan kontrol untuk buang air. Hal ini jugalah yang sering menimbulkan beser, anyang-anyangan atau mengompol.

Bahaya menahan kencing yang juga tak bisa dianggap enteng adalah tempat bersarangnya bakteri. Air kencing yang tertahan terlalu lama akan menjadi tempat berkembanganya bakteri. Bakteri ini kemudian dapat menginfeksi dan bahkan bisa menjalar ke ginjal. Inilah alasan mengapa menahan kencing sangatlah tidak dianjurkan.

Baca Juga  5 Rekomendasi Jus Buah yang Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

Baca Juga: 5 Langkah Pertolongan Pertama dalam Mengobati Demam secara Efektif

Bahaya menhaan kencing yang lebih serius adalah batu ginjal. Endapan air kencing dapat menimbulkan kristal dan menyumbat saluran kencing.  Pembentukan kristal seperti ini akan menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit saat berkemih. Jika ukuran kristal sudah membesar, maka jalan satu-satunya untuk menyembuhkannya adalah dengan cara operasi. Tentunya Anda tak ingin hal ini terjadi bukan?

Bahaya manahan buang air kecil seperti yang disebutkan di atas lebih rentan diderita oleh wanta dibandigkan dengan pria. Hal ini dikarenakan organ sekresi wanita yang terbuka dan pengaruh hormon. Meski begitu, bahaya di atas juga bisa dialami oleh pria, khususnya bahgi mereka yang seringkali melakukan kerja berat dan pria lanjut usia.

Baca Juga  Jangan Sepelekan, 4 Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar

Nah, meski menahan kencing memiliki bahaya yang begitu besar, bukan berrati Anda harus mengurangi konsumsi air agar tak sering berkemih. Mengurangi jumlah konsumsi air justru akan berbahaya bagi ginjal.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Putih Telur yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Sebagai Vaksin

Jadi, konsumsilah air dalam takaran yang normal. Takaran air yang dianjurkan yaitu antara 1,5 hingga 2 L per hari. Jika memang Anda tak ingin kencing di tengah perjalanan atau di tengah aktifitas padat, memakai pampers dewasa agaknya menjadi solusi yang tepat daripada harus menahan kecing.