BLT UMKM 2021 Dibuka, Berikut Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan BPUM Rp 1,2 Juta

Wartanews.id –¬†Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengumumkan bahwa BLT Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) bagi UMKM resmi dilanjutkan pada periode tahun 2021 ini.

BLT UMKM disalurkan bagi pemilik usaha mikro yang terdampak pandemi dengan besaran bantuan sebesar Rp 1.2 Juta yang dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha.

Bantuan ini akan langsung disalurkan ke rekening penerima melalui Bank negara, Bank Daerah, dan POS sesuai ketetapan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 2 tahun 2021.

Untuk anda yang belum pernah mendapatkan BLT UMKM, periode ini dapat menjadi kesempatan anda lantaran salah satu persyaratan penerima yakni belum pernah mendapat bantuan serupa pada periode sebelumnya.

Baca Juga  Kode Aktivasi FF Max 8 September 2021 Yang Masih Aktif : Update 1 Menit Lalu

Melalui akun Instagram @kemenkopukm menjelaskan bahwa program tersebut sudah mulai dijalankan dan dapat diakses. Admin juga menjelaskan bahwa usulan calom penerima bantuan sudah dapat mulai diajukan.

“Kopmin mau informasikan kalau pelaksanaan program tersebut sudah mulai dapat diakses.”

“Kabar terbarunya, usulan baru calon penerima bantuan sudah dapat diajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UMKM kabupaten/kota masing-masing,” tulis caption dalam [email protected]

Syarat Pendaftaran BLT UMKM 2021

Untuk anda yang ingin mengajukan usaha mikro yang anda jalankan guna mendapatkan bantuan BLT UMKM periode 2021, pastikan melengkapi persyaratan berikut.

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki E-KTP.
  3. Memiliki usaha sendiri skala mikro yang dibuktikan dengan usulan BPUM dalam bentuk surat beserta lampiran.
  4. Bukan berstatus sebagai PNS, Anggota TNI/Polri, serta bukan Pegawai BUMD maupun BUMN.
Baca Juga  Go Share APK Penghasil Uang Terbaru Apakah Aman?

Untuk pendaftaran mengikuti skema pengusulan dimana calon penerima BPUM atau BLT UMKM 2021 diusulkan oleh dinas atau badan bagian koperasi dan UMKM tingkat kabupaten maupun kota.

Selanjutnya, usulan yang masuk akan diteruskan ke tingkat Provinsi hingga masuk ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk validasi dan pencairan.

Cara Cek BLT UMKM 2021

Untuk melakukan pengecekan bantuan, jika anda menggunakan bank BRI anda dapat membuka secara online melalui eform.bri.co.id/bpum.

  1. Buka halaman eform.bri.co.id/bpum di browser maupun komputer.
  2. Masukkan NIK dan kode verifikasi.
  3. pilih pada bagian “Proses Inquiry”
  4. Jika nomor KTP anda terdaftar atau tidak akan muncul pemberitahuan dalam layar.
Baca Juga  Guru Yang Viral di Tiktok Lord Abdul Kampung Inggris Meninggal Dunia

Selain cara tersebut, pada umumnya penerima BLT UMKM atau BPUM akan mendapatkan notifikasi melalui SMS oleh bank penyalur apabila masuk tahap pencairan.