WARTA DESA

DLH Kotori Bumbulan Dengan Sampah, Kadis: Ke TPA Banyak Ongkosnya

POHUWATO, wartanews.id – Pemerintah Desa Bumbulan, Kecamatan Paguat, mengaku dibuat geram oleh ulah petugas Dinas Lingkungan Hidup Pohuwato, yang dinilai ‘pandang enteng’. Pasalnya, Rabu (22/1/2020), tumpukan sampah kembali menghiasi salah satu ruas jalan di desa tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pohuwato, Bahari Gobel, ketika dihubungi menyampaikan bahwa, hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak Pemdes. “Jangan salahkan kita, silahkan ke Pemdes. Mereka menyetujui kok untuk dibuang sampah. Lagian itu bukan sampah busuk, cuma ranting kayu kering,” kata Kadis DLH, Bahari Gobel.

Sampah yang dibuang DLH di Jalan Pelabuhan Desa Bumbulan.

“Kalau kita mau buang ke TPA di Marisa, ongkosnya banyak pak. Mobil harus bolak-balik dari Paguat ke Marisa. Berbicara soal sampah ini, keinginan saya sudah di langit ke tujuh. Tapi apa daya, lagi-lagi anggaran,” tambahnya.

Mengetahui hal itu, Kepala Desa Bumbulan, Emil Yahya pun bereaksi keras. Pihaknya mengaku kecewa atas kejadian yang menurutnya sudah berulang kali terjadi. “Benar kami menyetujui, tapi dengan catatan, dibuang di lokasi yang bukan jadi jalan umum masyarakat. Sampah itu dibuang di ruas jalan menuju pelabuhan Ferry yang banyak dilalui orang. Cerdaslah jadi Kadis,” tegas Emil.

Pemdes Bumbulan mengembalikan sampah ranting kayu ke tempat semula.

“Ini bukan yang pertama, namun sudah berulang kali desa kami jadi tujuan pembuangan sampah. Di saat kami bersusah payah membersihkan sampah, ternyata ada juga juga pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang masih membuang sampah di desa kami,” ungkap Emil.

Seakan tidak tinggal diam, meski malam hari, menggunakan 1 unit mobil truck, Pemdes Bumbulan dibantu warga kemudian mengangkut sampah-sampah hasil penebangan kayu yang sudah terlanjur dibuang, ke tempat semula, di Kelurahan Pentadu. (WN/Lan)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close