DAERAH

DLH Tukar Sampah Dengan Beras, Ini Syaratnya

POHUWATO, wartanews.id – Upaya pengurangan sampah di kabupaten pohuwato terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Penanganan sampah dilakukan bukan saja terfokus di ibu kota, melainkan sampai ke seluruh kecamatan. Seperti halnya pada kegiatan Gema Panua putaran ke-2 yang tengah dilaksanakan saat ini, dimana dinas yang dipimpin Bahari Gobel, melakukan program sampah tukar sembako.

Kadis DLH Bahari Gobel menyampaikan bahwa, masalah sampah memang menjadi perhatian serius. Pengurangan sampah dilakukan di seluruh Kabupaten Pohuwato.

Menurutnya, upaya pengurangan ini adalah Kebijakan Strategi Daerah (Jaksrada), dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah semi rumah tangga.

“Di Jaksrada itu sudah ada target sampai 2025. Kita usahakan penanganan sampah jadi 0 persen dengan adanya 30 persen pengurangan dan 70 persen penanganan,” kata Bahari.

“Yang paling utama dalam gerakan ini adalah sampah plastik yang bisa di daur ulang bisa ditukar dengan sembako. Jadi yang kita upayakan tukar sembako ini termasuk pengurangan sampah 30 persen dan penanganan itu ada di bank sampah,” tambahnya lagi.

Secara umum digambarkan Kadis DLH, Di kantornya rutin setiap Kamis ada sampah tukar sembako. Jenis sampah yang bisa ditukar sembako adalah sampah yang bisa didaur ulang berupa plastik-plastik dan bukan tas plastik atau tas kresek.

“Sampah yang dapat ditukar beras seperti kursi plastik yang sudah rusak, besi tua, dus-dus, tempat oli, botol minyak bimoli. Pokoknya jenis plastik padat yang bisa didaur ulang,” terang Bahari.

“Contoh, botol aqua perkilogramnya Rp.2 ribu, jadi dari harga itu kita samakan dengan harga beras atau gula, kita sesuaikan dengan harga dari timbangan sampah. Katakanlah dapat 5 kg botol aqua, kalau tukar beras dapat 1 kg. Program ini sangat membantu masyarakat dan bisa mengurangi sampah yang ada di pohuwato secara umum,”tutup Bahari. (*)

Laporan : Iwan Karim (Humas Pohuwato)
Editor : G. Latarawe

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close