Gak Pakai Pusing, Inilah 6 Cara Mengatasi Masalah Ketombe dengan Tepat dan Cepat

Wartanews.id – Ketombe adalah salah satu hal yang membuat kepercayaan diri kita menurun. Selain menurunkan kepercayaan diri, ketombe juga akan menimbulkan rasa gatal di kepala. Pengobatan ketombe juga banyak melalui shampoo yang di lengkapi dengan bahan anti ketombe.

Ketombe merupakan salah satu masalah yang sangat sering di alami masyarakat. Ketombe sendiri secara medis disebut seboroik . Penyebab seboroik tersebut bermacam macam. Ketombe akan berbentuk kering atau tambal sulam. Pada beberapa penderita, ketombe akan terasa sangat gatal.

Penyebab ketombe sampai saat ini belum jelas dari mana asalnya. Tapi ketombe bisa terjadi juga karena perubahan iklim, kebiasaan makan, kekurangan nutrisi tertentu atau juga dikarenakan tingkat stres yang tinggi. Ketombe merupakan hasil dari sel mati yang berlebihan yang terletak pada kulit kepala. Faktor keturunan atau genetik juga merupakan faktor penyebab ketombe.

Baca Juga: Simak, 7 Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke dokter Gigi

Baca Juga  Awas! Sering Menahan Kencing Memiliki Dampak Bukur Bagi Tubuh, Simak Penjelasannya

Ada beragam macam pengobatan ketombe. Mengingat ketombe dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri kita, maka ketombe harus segera di tangani. Banyak juga produk shampoo yang menambahkan anti ketombe sehingga dapat menghilangkan ketombe di rambut kita.

Trik Ampuh Cara Mengatasi Ketombe

Cara Mengatasi Ketombe 

Cara Mengatasi Ketombe

Cuka putih

Pengobatan ketombe yang pertama adalah menggunakan cuka putih. Cuka merupakan salah satu zat asam yang biasa juga untuk memberikan rasa masam pada masakan. Cara mengatasi ketombe dengan cuka putih adalah dengan menggunakan cuka yang di campur dengan segelas air pada saat bilasan pertama sehabis keramas. Banyak masyarakat yang mempercayai khasiat zat aktif di dalam cuka yang mampu menghilangkan ketombe yang mengganggu.

Minyak goreng

Minyak goreng merupakan hasil pengolahan dari kelapa. Ekstrak minyak kelapa merupakan bahan yang baik untuk kesehatan kepala. Pengobatan ketombe dengan menggunakan minyak goreng dengan di campur cuka putih. Caranya di gunakan sebagai keramas dan di pijit pijit sampai meresap ke dalam kulit kepala.

Baca Juga  Simak, 7 Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke dokter Gigi

Soda kue

Soda kue merupakan bahan yang banyak di gunakan sebagai tambahan masakan. Soda kue memberikan pengaruh yang cukup efektif dalam merangsang kulit kepala untuk memproduksi kelenjar minyak. Fungsi pengobatan ketombe karena dengan kelenjar minyak, dapat menghambat timbulnya ketombe pada kulit. gunakan soda kue secukupnya yang di campur air dan di pakai saat keramas.

Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang banyak di gunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit, seperti contohnya batuk. Pengobatan ketombe juga bisa dengan menggunakan jeruk nipis ini. Cara menggunakannya belah jeruk nipis menjadi dua bagian. Gosokkan jeruk nipis tersebut ke bagian kulit kepala. Jika merasa perih, itu adalah adanya luka tapi tidak berbahaya. Lakukan pengobatan ini secara rutin agar ketombe segera hilang.

Baca Juga  Kalau Pemerintah Konsisten, PPKM Level 4 Harus Dilanjutkan! Kata Ilham Bintang

Garam

Garam dapur merupakan bahan yang cukup efektif untuk pengobatan ketombe. Garam di percaya mampu menetralisir dan juga mengurangi perkembangan jamur yang menyebabkan ketombe. Cara penggunaan garam dapur adalah menaburkan sedikit garam dapur pada saat keramas.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat baik untuk pengobatan ketombe. Banyak juga produk perawatan rambut yang menambahkan ekstrak lidah buaya, karena di dalam lidah buaya terdapat banyak nutrisi yang baik untuk rambut. Cara penggunaannya untuk pengobatan ketombe adalah dengan siapkan satu lembar lidah buaya, lalu kupaslah bagian kulitnya.

Baca Juga: Hanya 20 Detik! Simak Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Lidah dan Jari

Gosokkan bagian daging yang berlendir tersebut ke kulit kepala yang terkena ketombe secara merata. Selain akan menghilangkan ketombe, lidah buaya juga akan membuat rambut kita sehat dan indah. Gunakan secara rutin agar khasiatnya bisa dirasakan.