Hanya 20 Detik! Simak Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Lidah dan Jari

Wartanews.id – Hidung tersumbat seringkali dianggap sebagai hal yang sangat mengganggu. Anggapan seperti ini sangatlah wajar karena ketika hidung tersumbat, orang akan kesulitan bernafas. Selain itu, bicara juga akan menjadi tak jelas. Jadi, sangatlah wajar jika orang yang sedang terkena flu selalu mencari cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

Alasan lain mengapa penderita flu selalu mencarai cara mengatasi hidung tersumbat adalah karena hidung tersumbat dapat menurunkan kemampuan indra pengecap. Dalam hal ini, orang yang mengalami hidung tersumbat akan kesulitan merasakan makanan enak sakalipun. Hal ini jugalah yang menjadi penyebab mengapa penderita flu seringkali mengalami penurunan nafsu makan.

Pada dasarnya, hidung tersumbat bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satu diantaranya adalah penyumbatan oleh lendir. Namun, tak jarang pula hidung tersumbat disebabkan oleh kesalahan penderita flu sendiri. Misalnya saja kebiasaan memencet hidung atau terlalu sering membuang ingus sehingga terjadi pembengkakan pada hidung.

Baca Juga  Inilah 5 Manfaat Putih Telur yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Sebagai Vaksin

Baca Juga: 5 Langkah Pertolongan Pertama dalam Mengobati Demam secara Efektif

Berbicara mengeai hidung tersumbat, berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat hanya dengan 20 detik saja. Penasaran bukan bagaimana caranya? Simak informasinya berikut.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dalam 20 Detik

Untuk melegakan kembali nafas, Anda tak membutuhkan peralatan apapun, Anda hanya perlu menggunakan tangan dan juga lidah Anda. untuk lebih jelasnya, ikuti langkah di bawah ini.

  1. Tekuk lidah dan arahkan ke atas.
  2. Tempelkan lidah pada langit-langin dan pusatkan kekuatan lidah pada satu titik. Lakukan gerakan mendorong terpusat pada titik tersebut.
  3. Pada saat bersamaan, carilah pertemuan antara kedua alis dan lakukan sedikit tekanan dengan jari manis.
  4. Tahan posisi ini selama kurang lebih 20 detik.
Baca Juga  Jarang Disadari, Inilah 8 Manfaat Positif Dibalik Sering Mengkonsumsi Jahe

Jika sudah, Anda kan merasakan adanya cairan yang mengalir di tenggorokan. Cairan inilah yang membuat hidung Anda tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya adalah dengan menggunakan jari telunjuk. Caranya, posiiskan jari telujuk pada sampig hidung yang tersumbat. Tanpa bernafas, lakukan gerakan memutar pada hidung yang tersumbat tersebut. Lakukan cara tersebut berulang ulang hingga hidung kembali lega.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cara Alami

Jinten dan Jahe

Jinten dan Jahe

Jika cara di atas tidak bekerja, Anda bisa mencoba cara alami mengatasi hidung tersumbat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan alami seperti jahe dan jintan. Adapun cara melakukannya adalah sebagi berikut.

Baca Juga  5 Rekomendasi Jus Buah yang Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

Jahe

Jahe memilikii efek mengahangatkan dan melegakan pernafasan. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan jahe sangatlah mudah. Anda tinggal meminum wedang jahe sambil sesekali menghirup uapnya ketika hidung sedang tersumbat.

Jinten

Cara mengatasi hidung tersumbat mennggunakan jinte adalah dengan menyeduh jitan kemudian menghirup uapnya. Bau menyengat dan uap yang dihasilkan akan membantu nafas kembali lega dalam waktu singkat.

Baca Juga:  Simak, 7 Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke dokter Gigi

Demikianlah cara mengatasi hidung tersumbat secara tepat dan cepat. Jika hidung tersumbat terjadi saat tidur, Anda juga bisa mencoba mengambil posisi miring ke arah hidung yang tersumbat agar hidung kembali lega.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.