Heboh! Matahari Terbit dari Utara, Ini Kata BMKG

Wartanews.id – Fenomena unik munculnya matahari terjadi di Sulawesi Selatan. Bagaimana tidak, matahari yang kita tahu terbit dari Timur, kali ini terbit dari Utara.

Beredarnya rekaman video ini bermula dari salah satu pegawai sekolah Madrasah Aliyah Negeri Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Ia merekam terbitnya matahari pada Kamis, 17 Juni 2021.

Dalam video berdurasi 3 menit 23 detik itu pun dengan cepat menyebar di grup WhatsApp dan Facebook, menjadikan bahan pembicaraan masyarakat di dunia maya.

Baca Juga  Kode Aktivasi FF Max 30 Agustus 2021 Yang Belum di Gunakan dan Masih Aktif

Dalam video itu juga terdengar suara perekam yang langsung menggambarkan kondisi keunikan terbitnya matahari dari Timur di Sulawesi Selatan ini. “Terjadi satu keanehan, karena belum pernah saya melihat dimana yang biasanya terjadi matahari terbit di sebelah Timur, tapi sekarang menjelang pukul 08.00 ternyata matahari sudah berada di Utara”, ujar lelaki perekam tersebut.

Baca Juga  Download Config FF Auto Headshot Terbaru 2021 (Auto Booyah)

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 14 Juni 2021: Turun Rp 3.000 ke Level Rp 945.000 Per Gram

Hebohnya video tersebut pun tak luput dari perhatian BMKG. Pihaknya sendiri telah memantau fenomena tersebut. Fenomena tersebut merupakan hal yang normal terjadi. Fenomena ini biasanya disebut Gerak Semu Matahari (GSM).

Gerak Semu Matahari sendiri adalah suatu fenomena dimana matahari terlihat seperti bergeser ke Utara dan Selatan. Fenomena ini juga merupakan hal yang lumrah terjadi setiap tahun. Pada saat video tersebut direkam kondisi matahari sedang bergeser ke Utara dan puncaknya yaitu pada Senin, 21 Juni 2021.

Baca Juga  Password Moco FF September 2021 Yang Masih Bisa Digunakan

Fenomena ini terjadi akibat dari pergerakan bumi mengelilingi matahari atau revolusi, sehingga posisi matahari terbit terlihat tampak di Utara.