Inilah 5 Manfaat Putih Telur yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Sebagai Vaksin

Wartanews.id – Bahan makanan yang sangat bergizi ini banyak dijumpai di seluruh dunia. Pemanfaatan telur ayam untuk bahan utama makanan ataupun sebagai bahan pembuatan roti mempunyai manfaat lain yang luar biasa. Namun apakah anda mengetahui apa saja kandungan gizi putih telur?

Dua pertiga isi dari telur ayam berupa cairan bening, kita menyebutnya dengan putih telur. Putih telur bermanfaat sekali bagi kesehatan manusia. Didalam putih telur terkandung senyawa yang diperlukan untuk tubuh kita. Terkadang, masyarakat awam hanya memakan kuningnya saja karena suka, tidak mempertimbangkan manfaat serta kandungan gizi putih telur yang lebih bermanfaat.

Beberapa Kandungan gizi putih telur dapat dijabarkan sebagai berikut, air merupakan element utama yang terkandung didalam putih telur. Persentasenya sangat tinggi hingga mencapai 92{623a61149f76bf4f4874e31a86cf4a3e68013eec00544d63e333e546e894e02d}. 8{623a61149f76bf4f4874e31a86cf4a3e68013eec00544d63e333e546e894e02d} lainnya terdiri dari mineral, lemak, vitamin, glukosa dan protein. Fakta mengejutkan didalam putih telur adalah 148 jenis  protein yang berbeda-beda.

Baca Juga  Jangan Sepelekan, 4 Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar

Baca Juga: Selain Enak, 5 Manfaat Memakan Cokelat Ini Sangat “WOW” Bagi Kesehatanmu

Kandungan gizi putih telur membawa manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. kandungan karbohidrat pada putih telur sangat rendah, hanya kurang dari 1{623a61149f76bf4f4874e31a86cf4a3e68013eec00544d63e333e546e894e02d}. Didalam putih telur nyaris tidak ditemukan adanya lemak.

Sebenarnya putih telur berfungsi untuk pelindung dan berperan sebagai pemberi nutrisi tambahan bagi kuning telur. Putih telur juga berperan penting dalam proses pertumbuhan setelah embrio mengalami pembuahan.

Dibawah ini akan dibahas beberapa manfaat putih telur bagi manusia

Khasiat Putih Telur

Khasiat Putih Telur

Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Potensi khasiat telur putih untuk menurunkan tekanan darah dibuktikan setelah adanya penelitian tentang hal tersebut. Didalam telur putih terdapat Senyawa ini berfungsi menurunkan tekanan darah, efek yang diberikan captopril sama denga efek obat penurun tekanan darah.

Membantu Pertumbuhan Otot

Selain kandungan gizi pada putih telur juga terdapat protein. Protein ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan pada tubuh kita. Putih telur dimanfaatkan para olahragawan untuk membantu mereka memperbaiki otot-otot tubuh. Para atlet juga memanfaatkan kandungan karbohidrat dan protein untuk pertumbuhan mereka. Konsumsi protein dan karbohidrat tidak sembarangan semua ada takaran yang mesti dipatuhi, semua bergantung pada aktifitas yang dilakukan.

Baca Juga  Jangan Sembarangan Minum Suplemen, Berikut adalah Jenis dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Sebagai Masker Wajah

Dalam dunia kecantikan masker tulir putuh bukan rahasia umum lagi, tips cantik dengan telur putih ini sudah ada sejak zaman dahulu. Cara pengunaanya pun sangat mudah tinggal kita mencampurkan mada, atau bisa dicampur dengan jeruk nipis setelah itu kita dapat mengoleskannya pada wajah. Masker putih telur dipercaya membantu mengencangkan dan memelihara kulit wajah, menghilangkan jerawat. Selain itu khasian masker putih telur juga dapat memperkecil pori-pori wajah

Sebagai vaksin

Meskipun sudah banyak yang mengetahui tentang manfaat karena kandungan gizi putih telur namun belum banyak yang mengetahui jika putih telur digunakan sebagai bahan penyusun vaksin. Seperti vaksin untuk influenza.

Baca Juga  Selain Enak, 5 Manfaat Memakan Cokelat Ini Sangat “WOW” Bagi Kesehatanmu

Sebagai Bahan Utama Pembutan Roti dan Kue.

Kandungan gizi putih telur sebagai bahan utama dan bahan wajib dalam pembuatan roti dan kue

Baca Juga: Meski Bermanfaat, Ini 6 Bahaya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Teh Hijau

Meskipun putih telur mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Tetapi kita dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan, karena sangat tidak baik. Bahkan konsumsi putih telur berlebihan dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain. Tidak disarankan untuk anak-anak dibawah umur lima tahun karena adanya kemungkinan terjadi alergi, terutama pada bagian putih telur. Dalam kasus lain putih telur dapat menimbulkan intoleransi pada sebagian orang. Alergi tersebut terjadi karena tubuh tidak bisa mentolerir salah satu kandungan gizi putih telur.