Jangan Sembarangan Minum Suplemen, Berikut adalah Jenis dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Wartanews.id – Minuman suplemen banyak beredar dimasyarakat, para produsen mengemas suplemen menjadi beragam jenis dan rasa. Mengkonsumsi minuman suplemen dapat menunjang kesehatan kita karena berfungsi untuk memenuhi nutrien-nutrien penting dalam tubuh.

Manfaat minum suplemen diyakini banyak orang dapat menunjang dan mengoptimalkan kerja tubuh agar berfungsi dengan baik.

Perlu digaris bawahi jika suplemen bukan suatu obat, suplemen juga bukan pengganti asupan makanan sepenuhnya. Suplemen juga tidak mampu menggantikan fungsi obat. Manfaat minum suplemen sejatinya adalah pelengkap untuk kebutuhan gizi tubuh anda.

Baca Juga: 5 Langkah Pertolongan Pertama dalam Mengobati Demam secara Efektif

Anda harus tetap memenuhi kebutuhan asupan makanan dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat.

Memahami Jenis Suplemen

Jenis Suplemen

Jenis Suplemen

Manfaat minum suplemen tergantung dari nutrien apa yang terkandung didalamnya. Tidak selslu memiliki nutrien yang sama antara suplemen satu dengan yang lain. namun biasanya dalam suplemen terdapat asm amino, asam lemak, serat dan vitamin.

Pengemasan suplemen juga beragam, bisa dalam bentuk pil, kapsul lunak, tablet, kaplet maupun dalam bentuk cairan. Produknya juga bermacam-macam mulai dari produk alami yang didapat dari bahan alami seperti tumbuhan atau herba maupun dari hewan.

Baca Juga  Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut dan Panduan Cara Menggunakannya dengan Benar

Ada dua jenis suplemen yang beredar dimasyarakat. Suplemen nonvitamin nonmineral (NVNM) dan suplemen multivitamin.

Suplemen non vitamin non mineral (NVNM)

Adalah pengembangan produk alami yang didapat dari tanaman maupun dari hewan. Contoh minuman suplemen nonsuplemen nonmineral (NVNM) antara lainminyak ikan, pil teh hijau, ginkgo biloba, suplemen bawang putih, probiotik atau prebiotik.

Namun minuman teh hijau atau minuman teh herba tidak termasuk didalamnya. Suplemen ini juga dikemas dalam bentuk kaplet, cairan, gel, kapsul lunak dan dalam bentuk pil.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Putih Telur yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Sebagai Vaksin

Suplemen Multivitamin

Dikatakan multi vitamin karena didalam suplemen ini terdapat dua atau lebih dari tiga vitamin dan mineral. Takaran dalam vitamin dan mineral ini disesuaikan kebutuhan tubuh dan masih dalam takaran yang wajar. Takaran yang terkandung jika dalam komposisi yang wajar maka masih dapat ditolerir oleh tubuh.

Baca Juga  Hanya 20 Detik! Simak Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Lidah dan Jari

Maka jika dikonsumsi secara teratur manfaat minum suplemen akan didapat secara maksimal. Kandungan didalam multivitamin adalah vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, B5 (panthotenate), D3, E, H, K1, tembaga, seng, kalium iodida, magnesium, betakaroten, kalsium dan mangan. Suplemen jenis ini tidak mengandung obat-obatan maupun hormon dari hewan.

Ada hal yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi suplemen, diantaranya :

  • Perhatikanlah dua jenis suplemen diatas dan kandungan yang ada, agar anda mengetahui manfaat minum suplemen sebelum mengkonsumsinya. Suplemen manakah yang lebih anda butuhkan.
  • Pahamilah aturan minum, berapa lama anda harus mengkonsumsi dan kemungkinan resiko yang ditimbulkan.
  • Jangan terpengaruh iklan yang menyebutkan “ini adalah suplemen alami” efektifitas suplemen tidak diukur dari istilah “alami” yang terdapat pada kemasan, tetapi kandungan kimia yang terdapat pada produk tersebut.
  • Perhatikan cara pembuatan, komposisi, dan cara bagaimana suplemen tersebut bekerja didalam tubu serta perhatikan pula takaran pemakaian.
  • Jangan terpengaruh iklan tentang manfaat suplemen tertentu, anda harus benar-benar harus tahu suplemen mana yang anda butuhkan
Baca Juga  Selain Enak, 5 Manfaat Memakan Cokelat Ini Sangat “WOW” Bagi Kesehatanmu

Manfaat Minum Suplemen

Manfaat Suplemen

Manfaat Suplemen

Banyak penelitian yang sudah mengungkap tentang manfaat minum suplemen. Penelitian tersebut juga berhasil membuktikan bahwa minum suplemen bermanfaat sebagai penunjang kesehatan. Beberapa manfaat minum suplemen yang mengandung :

  • Minyak ikan, minyak ikan mengandung asam lemak omega 3, seperti asam docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic (EPA)
  • Probiotik untuk mengurangi bermacam-macam kodisi yang disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti diare, infeksi, sindrom iritasi usus besar dan ulcerative colotis
  • Chicken essence  mampu meredam kelelahan fisik dan meningkatkan kinerja otot bagi atlet

Berbagai manfaat minum suplemen membantu kesehatan tubuh, tetapi jangan dijadikan asupan utama bagi tubuh. Karena suplemen hanya sebagai penunjang saja.

Baca Juga: Selain Enak, 5 Manfaat Memakan Cokelat Ini Sangat “WOW” Bagi Kesehatanmu

tetaplah terapkan hidup sehat dan makan makanan yang bergizi. Manfaat terbesar minum suplemen adalah sebagai pelengkap, alangkah baiknya jika kita mampu mengkontrol dan memanfaatkan suplemen sebagaimana fungsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.