Jangan Sepelekan, 4 Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar

Wartanews.id – Memiliki gigi dan mulut yang sehat dan bersih merupakan dambaan dari tiap orang. Jika senyum terpapar dari bibir, pastilah akan nampak lebih indah jika disertai dengan penampilan gigi yang bersih. Senyuman merupakan daya tarik seseorang, maka dari itu merawat mulut dan gigi dapat Anda lakukan untuk mempermanis senyuman Anda.

Agar gigi nampak lebih putih dan tidak berlubang diperlukan perhatian serta cara merawat yang benar. Selain gigi, menjaga kesehatan mulut dan lidah merupakan suatu keharusan bagi Anda yang ingin memiliki senyuman penuh percaya diri.

Cara merawat mulut dan gigi dapat Anda lakukan dengan cara-cara sederhana berikut ini:

Baca Juga: Simak, 7 Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke dokter Gigi

Baca Juga  Gak Harus Mahal, 5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Bersihkan gigi dengan Dental Floss

Usai menyantap makanan, biasanya akan ada sisa-sisa makanan yang menghampiri celah gigi. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu, dan jika dibiarkan begitu saja dapat merusak gigi. Anda dapat mengeluarkan atau membersihkan selipan makanan tersebut menggunakan dental floss atau benang gigi. Pilih dental floss dibandingkan tusuk gigi. Sebab benang gigi dapat meminimalisir gesekan atau benturan yang terjadi pada gigi serta gusi. Jika menggunakan tusuk gigi, maka cenderung menyebabkan pergeseran gigi dan dapat membuat gusi terluka sampai berdarah atau infeksi. Kiat merawat mulut dan gigi berikut dapat Anda coba.

Lakukan teknik menyikat gigi dengan benar

Untuk merawat mulut dan gigi yang benar, maka Anda harus melakukan teknik yang tepat sewaktu menyikat gigi. Caranya tekan sikat dengan tekanan yang ringan saja. Kemudian arahkan sikat gigi yang benar, yakni vertikal satu arah mulai dari pangkal hingga ujung gigi. Kemudian durasi sikat gigi yang ideal ialah 2-3 menit. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut, sehingga tidak merusak email gigi. Anda juga sebaiknya memilih sikat gigi yang mempunyai kepala sikat dengan ukuran kecil.

Baca Juga  Kalau Pemerintah Konsisten, PPKM Level 4 Harus Dilanjutkan! Kata Ilham Bintang

Pilih waktu yang tepat untuk gosok gigi

Waktu yang sesuai untuk menggosok gigi ialah pagi usai sarapan dan malam sebelum tidur. Sebab ketika akan tidur, tidak ada produksi ludah. Sehingga jika terdapat sisa makanan akan membuat bakteri dan kuman aktif. Maka drai itu, lakukan cara merawat mulut dan gigi dengan pemilihan waktu gosok gigi yang tepat.

Baca Juga  Simak, 7 Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke dokter Gigi

Kumur dengan Mouthwash

Setelah proses sikat gigi selesai, Anda diwajibkan berkumur dengan mouthwash yang memiliki kandungan antiseptik. Hal ini bertujuan untuk melindungi gigi dari plak.

Baca Juga: Gak Pakai Pusing, Inilah 6 Cara Mengatasi Masalah Ketombe dengan Tepat dan Cepat

Dengan melakukan cara merawat mulut dan gigi menggunakan serangkaian cara tepat di atas, Maka gigi dan mulut dapat terjaga kebersihannya. Alhasil senyum Anda pun tidak akan malu untuk dikembangkan, selain itu penampilan akan terdukung dengan kesehatan dari mulut dan gigi. Lakukan tips ini secara teratur setiap hari, jangan pernah malas menjaga kebersihan mulut dan gigi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.