Jarang Disadari, Inilah 8 Manfaat Positif Dibalik Sering Mengkonsumsi Jahe

Wartanews.id – Jahe merupakan salah satu tanaman berbentuk rimpang. Jahe juga sering digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Tanaman yang bernaman latin Zingiber officinale Rosc banyak ditemukan di belakang rumah.

Karena jahe ini mudah sekali tumbuh dan karena manfaat jahe yang banyak sehingga banyak orang yang menanamnya.Jahe memiliki bentuk tubuh rimpang dan memiliki banyak ruas. Dan memiliki rasa pedas yang khas dikarenakan senyawa keton zingeron.

Jahe termasuk ke dalam suku Zingiberaceae yaitu suku temu- temuan. Dalam pertumbuhannya jahe dibagi menjadi tiga jenis, yaitu yang pertama jahe gajah yang memiliki ukuran besar-besar namun memiliki rasa yang tidak terlalu pedas, yang kedua jahe kuning merupakan jahe yang banyak kita temui sebagai bumbu masakan.

Baca Juga: Simak, Inilah Khasiat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Memiliki rasa serta aroma yang tajam. Dan yang ketiga adalah jahe merah, memiliki rasa yang paling pedas dibandingkan jenis lain serta mengandung minyak atsiri.

Baca Juga  Gak Harus Mahal, 5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat Jahe sendiri banyak digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, tapi banyak juga yang sengaja mengolahnya sebagai bahan pengobatan. Banyak juga produk olahan yang berbahan dasar jahe.

Jahe memiliki kandungan minyak atsiri zingiberena, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Kandungan-kandungan itulah yang membuat manfaat jahe sangat beragam.

Berikut adalah beberapa khasiat jahe yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit

Rajin Mengkonsumsi Jahe

Rajin Mengkonsumsi Jahe

1. Mampu menghangatkan tubuh

Masyarakat Indonesia sendiri sering mengkonsumsi jahe dengan cara di buat wedang jahe. Hal ini karena jahe mampu membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga mempunyai senyawa antivirus dan anti toksin yang membantu mengeluarkan keringat sehingga dapat mengobati masuk angin.

2. Mencegah timbulnya kanker

Dengan mengkonsumsi ekstrak dari manfaat jahe ini dapat menekan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker didalam tubuh. Seperti kanker kulit, kanker pancreas, kanker ginjal, kanker paru-paru.

Baca Juga  Awas! Sering Menahan Kencing Memiliki Dampak Bukur Bagi Tubuh, Simak Penjelasannya

3. Melancarkan peredaran darah

Kandungan gingerol didalam jahe bersifat antikoagulan yang akan membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan demikian akan mencegah pembuluh darah yang tersumbat yang dapat mengakibatkan penyakit stroke dan juga jantung.

4. Mengobati migraine

Manfaat jahe selanjutnya adalah mampu mengobati migraine. Dengan mengkonsumsi jahe akan menghentikan prostaglandin dimana prostaglandin tersebutlah yang merupakan faktor penyebab terjadinya sakit kepala.

5. Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi jahe dapat merangsang untuk terjadinya pelepasan hormon adrenalin dan juga memperlebar pembuluh darah. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan meringankan kinerja jantung untuk memompa darah.

6. Mengatasi memar dan nyeri

Ketika kita terjatuh atau terkilir pastinya akan ada memar dan rasa nyeri yang akan sangat terasa sangit jika dipegang. Dengan mengkonsumsi jahe maka dapat menurunkan rasa nyeri tersebut karena jahe memiliki sifat antu inflamasi.

Baca Juga  Penting! Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung Dengan Bahan Alami, Salah Satunya Lidah Buaya

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh kita menurun tentunya penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh kita.Manfaat jahe yang lain adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh kita dapat meningkat karena sifat jahe sebagi zat anti oksidan. Sehingga tubuh kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

8. Mencegah perut buncit

Manfaat jahe selanjutnya adalah mencegah perut buncit. Dengan mengkonsumsi jahe pada saat sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh dan melancarkan pencernaan. Dengan metabolisme dan pencernaan yang lancar maka pembakaran kalori didalam tubuh terjadi dengan cepat

Baca Juga: Simak, 7 Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke dokter Gigi

Demikian penjelasan tentang manfaat jahe dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Dibalik fungsinya sebagai penambah cita rasa, jahe ternyata juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan.