Kapan Puasa 2021, Berikut Hasil Hisab NU dan Muhammadiyah Penentuan 1 Ramadhan 1442 H

Wartanews.id – Tinggal menghitung hari puasa Ramadhan 1442 H pada tahun 2021 akan hadir bagi muslim di seluruh Dunia. Penentuan awal puasa sendiri menjadi salah satu moment paling ditunggu oleh masyarakat.

Sampai pada hari ini Pemerintah belum memberikan keputusan secara pasti terkait penentuan awal bulan Ramadhan tahun ini.

Hal ini lantaran pemerintah masih menunggu kepastian dengan metode pengamatan hilal dan sidang Isbat sebelum mengumumkan kepada publik.

Baca Juga  20 Ucapan Selamat Ramadhan 1442 H Bahasa Inggris, Cocok Dibagikan ke Sosmed dan Kolega

Baca Juga: Download Kalender Ramadhan dan Jadwal Imsakiyah 1442 H/2021, Puasa Mulai 13 April

Selain metode pengamatan hilal, cara lain yang umumnya dipakai adalah dengan perhitungan atau hisab untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan.

Seperti pada postingan kami sebelumnya, Muhammadiyah dan NU sudah membagikan Jadwal Imsakiyah, Buka Puasa dan Jadwal Sholat untuk bulan Ramadhan.

Baca Juga  Kode Aktivasi FF Max 22 September 2021 Hari Ini

Kapan Puasa 2021

Dari perhitungan Hisab yang dilakukan baik oleh NU dan Muhammadiyah mendapatkan hasil yang sama dimana awal bulan Ramadhan jatuh pada hari selasa 13 April 2021.

Hal ini dengan memperhatikan perhitungan kalender Hijriah yang dicocokkan ke kalender Masehi seperti yang umum dipakai di Indonesia.

Untuk hari raya Idul Fitri sendiri dalam penanggalan Hijriah yang jatuh pada 1 Syawal 1442 H diperkirakan akan jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Baca Juga  Klaim Disini ! Kode Redeem FF 20 Agustus 2021 Update 1 Detik Lalu Masih Aktif Buruan

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jus Buah yang Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

Meski demikian, ada baiknya anda tetap menunggu keputusan sidang Isbat, pengumuman dari lembaga keagamaan dan pengamatan hilal untuk penentuan bulan puasa tahun ini.