NASIONAL

Keren, Pohuwato Wakili Gorontalo di Pelantara Sail Nias 2019

SUMATRA UTARA, wartanews.id – Sebanyak 10 orang putra-putri terbaik utusan Saka Bahari Kwarcab Pohuwato, menjadi wakil Provinsi Gorontalo di iven Nasional Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-9 pada Sail Nias di Sumatera Utara.

Dibawah binaan Kwarcab Pohuwato, TNI AL, dan POSSI Pohuwato, ke-10 peserta asal Bumi Panua ini rencananya akan melakukan kegiatan Pelantara selama kurun waktu 1 bulan.

“Pada Sail Nias kali ini, mereka 443 peserta Saka Bahari yang berasal dari seluruh Indonesia,” ujar Ketua Saka Bahari Pohuwato, Achmad Djuuna melalui salah satu pembinanya, M. Ruzali D. Hunowu pada Jumat (6/9/2019).

Atraksi Semaphore oleh Saka Bahari Cabang Pohuwato di atas KRI Kambani saat berlabuh di Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara. (F. Istimewa)

Ruzali juga menambahkan, ke-10 peserta asal Pohuwato ini diharapkan dapat membawa harum nama Pohuwato di kancah Nasional dan bahkan Internasional.

“Semoga lewat iven ini, peserta dapat semakin menanamkan kecintaannya terhadap dunia bahari di Pohuwato. Kami juga berharap para peserta bisa membawa nama baik Gorontalo khususnya Pohuwato di tingkat Nasional,” harap Ruzali.

Pemberangkatan yang dilepas oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly pada 2 September 2019, rencananya peserta yang berlayar menumpangi KRI Tanjung Kambani KBI-971 ini, akan berakhir pada 2 November mendatang.

Yasonna Laoly (Menkumham) saat melepas peserta Sail Nias. (F. Istimewa)

Penyelenggaraan Sail Indonesia merupakan upaya Pemerintah untuk mempercepat pembangunan sarana dan prasarana parisiwata Indonesia di berbagai detinasi.

Dalam rangkaian Sail Indonesia di Nias tahun ini, juga digelar Festival Sail Nias. Festival itu menjadi ajang untuk mempromosikan Pulau Nias, khususnya Sumatera Utara yang menjadi gerbang destinasi wisata dunia.

Tahun ini Sail Nias mengusung tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia” dengan 18 rangkaian kegiatan dan atraksi.

Yasonna Laoly (Menkumham) saat melepas peserta Sail Nias. (F. Istimewa)

Beberapa kegiatan dipastikan bakal meramaikan Sail Nias, antara lain Wind Surfing and Sailing, Free Diving Competition, festival lompat batu Kepulauan Nias, festival kebudayaan Kepulauan Batu. Serta parade kapal nelayan tradisional, gebyar kopi, kuliner, Fishing Tournament Sail Nias dan Wonderful Foto Tourism Expo dan masih banyak lainnya. (WN/Lan)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close