Meski Bermanfaat, Ini 6 Bahaya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Teh Hijau

Wartanews.id – Teh merupakan tumbuhan yang sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan minuman. Teh banyak diminum di pagi hari sebagai penghangat badan. Namun, ada kalanya teh dimanfaatkan untuk penunjang kesehatan. Misalnya teh hijau yang dapat diguakan sebagai media diet.

Meski bermanfaat bagi kesehatan, ada bahaya teh hijau yang juga harus Anda waspadai. Seperti yang Anda ketahui, teh hijau sangatlah baik bagi kesehatan karena mengandung antioksidan tinggi.

Namun nyatanya, ada senyawa teh yang menimbulkan bahaya teh hijau jika dikonsumsi setiap hari. Apa sajakah bahaya teh hijau tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Jarang Disadari, Inilah 8 Manfaat Positif Dibalik Sering Mengkonsumsi Jahe

Bahaya Teh Hijau Jika Dikonsumsi Setiap Hari Dalam Jumlah yang Banyak

Perkebunan Teh

Perkebunan Teh

1. Naiknya asam lambung

Bahaya teh hijau yang pertama adalah naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan tanin dalam teh yang mampu memicu produksi asam lambung. Namun, bahaya ini hanya akan mengancam bagi orang yang memiliki penyakit aag. Bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan norma, maka tak akan jadi masalah jika mengkonsumsi teh hijau.

Baca Juga  Aplikasi Keluarga Sehat, Layanan Kesehatan Terpadu Dari Pemerintah

2. Mengganggu kesehatan ginjal

Teh hijau memiliki cara kerja yang berbeda dengan obat-obatan kimia. Oleh karena iu, mengkonsumsi teh hijau sangat berbahaya jika dibarengi dengan kosumsi obat obatan kimia. Adapaun bahaya teh hijau tersebut adalah memeperberat kinerja ginjal sehingga lambat laun akan merusak ginjal.

3. Mengganggu sekresi hormon

Bahaya teh hijau dalam kadar yang cukup banyak lainnya adalah gangguan pada sekresi hormon. Mengkonsumsi teh hijau terllau sering dapat mengangu produktifitas kelenjar dalam tuh. Oleh karena itu, ambang batas maksimal konsumsi teh hijau adalah 3 cangkir per harinya.

Baca Juga  Penting! Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung Dengan Bahan Alami, Salah Satunya Lidah Buaya

Baca Juga: Usir Capek Dengan Mudah Melalui Tips Menghilangkan Capek Berikut Ini

4. Mengganggu penyerapan zat besi

Bahaya teh hijau lainnya adalah gangguan pada penyerapan nutrisi terutama penyerapan zat besi. Hal ini dikarenakan senyawa dalam teh akan menurunkan kekampuan darah untuk menyerap nutrisi.

5. Insomnia

Bahaya teh hijau selanjutnya adalah insomnia atau gangguan tidur. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung mengandung kafein dalam kadar cukup tinggi. oleh karena itu, mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak dapat menibulkan kecemasan, gangguan tidur dan jantung berdebar.

Baca Juga  Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut dan Panduan Cara Menggunakannya dengan Benar

6. Mengganggu kesehatan janin

Bahaya teh hijau yang satu ini sangat jarang Kita sadri. Adanya kafein yang cukup tinggi pada teh hijau apat menimbulkan ganguan pada otak janin, jika dibiarkan berlanjut, hal ini dapat memperlambat perkembangan janin.

Baca Juga: Simak, Inilah Khasiat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Itulah tadi bahaya teh hijau jika dikonsumsi terlalu banyak. sebenarnya hal ini tak hanya berlaku bagi teh hijau saja karena apapu yang dikonsumsi terlalu banyak tentunya tak akan baik bagi kesehatan. Lebih baik, Anda lebih bijak terhadap apa yang dikonsumsi. Selalu konsumsi makanna  dalam takaran yang seimbang agar Anda dapat megambil manfaat yang pas tanpa harus mencicipi bahayanya.