Pelajari Cara Mengelola Keuangan Pribadi yang Sehat Bagi Mahasiswa

Wartanews.id – Perguruan tinggi memang identik dengan mahasiswa muda yang memiliki tanggung jawab lebih besar untuk dapat mengelola uang mereka sendiri. Jauh dari orangtua menjadikan para mahasiswa tersebut harus lebih handal di dalam mengelola keuangannya.

Nah, berikut ini ada beberapa cara paling mudah di dalam mengelola keuangan bagi mahasiswaa yang nantinya bisa membantu Anda semuanya untuk membentuk fondasi yang lebih kuat di dalam pengelolaan keuangan. Simak informasinya di bawah ini.

Mengelola keuangan pribadi yang sehat untuk mahasiswa

Buatlah anggaran

Buat anggaran ini memang sangat penting sekali untuk mengelola keuangan pribadi yang lebih sehat. Daftar sumber pendapatan per bulan, termasuk tabungan, tunjangan, dan kemudian menulis perkiraan biaya yang nantinya akan dikeluarkan di setiap bulannya. Hal yang demikian ini tidaklah mudah untuk dapat mengidentifikasi biaya hidup di awal, akan tetapi para mahasiswa harus mencoba.

Baca Juga  Naik Hingga Rp 16.000, Harga Emas Pegadaian Rabu 19 Mei 2021 Tembus Rp 990.000 Per Gram

Pisah antara keinginan dan kebutuhan

Berapa banyaknya yang harus Anda anggarkan untuk biaya makan di restoran mall? Dan berapa biaya untuk laundry dan lain-lain? setelah mengidentifikasikan biaya-biaya tersebut, jadi lebih mudah sekali untuk membedakan keinginan dengan kebutuhan. Silakan Anda utamakan rencana anggaran belanja untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan kemudian dilanjutkan dengan keinginan.

Baca Juga  Simak, Inilah Kebiasaan yang Wajib Dihindari Agar Keuangan Tetap Sehat

Atur rekening tabungan

Bank umumnya akan melayani mahasiswa dengan cara menawarkan tabungan khusus, yang nantinya akan memungkinkan mahasiswa untuk dapat melakukan penarikan uang di semua ATM dengan gratis. Dengan semakin banyaknya ATM yang telah tersedia di sekitar kampus, menjadikan mahasiswa lebih mudah sekali di dalam mengambil uang. Teliti lebih jauh lagi sebelum mengambil uang, ambil uang dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan saja. Dan harus diingat, bahwasannya saat mendapatkan kiriman uang dari orangtua, mahasiswa diharap agar lebih bijaksana lagi dalam menggunakan uangnya.

Cermat dalam membeli buku kuliah

Buku kuliah ini adalah salah satu biaya yang cukup besar perguruan tinggi. Melewati toko buku di awal setiap semester merupakan cara yang paling mudah bagi mahsiswa untuk bisa menghemat uangnya. Ada banyak sekali toko buku yang tawarkan diskon diwaktu awal semester. Silakan Anda berinvestasi dalam kindle atau pun iPad dan juga download buku-buku lewat online juga bisa jadi pilihan terbaik untuk hemat uang kuliah, atau Anda juga bisa mencari buku di toko buku bekas.

Baca Juga  5 Tips Sederhana Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Cerdas

Demikianlah informasi tentang cara mengelola keuangan pribadi yang sehat bagi mahasiswa yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.