Perhatikan, Inilah 7 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Pantanganya

Wartanews.id – Saat sedang mengandung, Anda perlu mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil, baik sedang hamil muda maupun tua. Sebab, perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan bergantung pada nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengontrol asupan gizi selama masa kehamilan.

Banyak orang meyakini kalau sedang hamil harus makan banyak karena untuk dua orang. Selain itu, keinginan makan sesuatu atau ngidam haruslah segera dipenuhi. Para orang tua juga menyarankan agar tidak sembarangan mengkonsumsi makanan saat hamil muda karena untuk menjaga janin agar tetap kuat. Dan masih banyak lagi pendapat masyarakat tentang makanan saat hamil.

Daripada kita bingung meyakini dan mengikuti apa yang dikatakan oleh orang tua, sebaiknya mengikuti saran dokter saja. Karena dokter mengerti apa yang baik dikonsumsi ketika hamil dan efeknya terhadap si ibu dan bayi yang berada di dalam kandungan. Nah, berikut ini kami merangkum beberapa makanan sehat untuk ibu hamil, ikuti yuk ulasannya.

Baca Juga: Simak, Inilah Khasiat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Baca Juga  Aplikasi Keluarga Sehat, Layanan Kesehatan Terpadu Dari Pemerintah

Inilah makanan sehat untuk ibu hamil

Selama mengandung, sebenarnya tidak ada makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Ibu hamil juga tidak harus makan terlalu banyak atau seakan-akan untuk dua orang. Anggapan itu kurang benar karena faktanya, ibu hamil hanya memerlukan tambahan 300 kalori dalam makanannya. Setara dengan semangkok sereal dan sebuah pisang dengan susu rendah lemak. Makanlah dalam porsi sedikit tapi lebih sering.

Wanita hamil tidak perlu menjalankan pola makan khusus, terkecuali dia menderita penyakit tertentu. Yang paling penting adalah tercukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Jadi, boleh mengkonsumsi apa saja asalkan seimbang dan bergizi. Di bawah ini ada beberapa kategori minuman dan makanan sehat untuk ibu hamil beserta manfaatnya :

Air putih atau air mineral

Air putih adalah salah satu untu penting yang berguna untuk menyalurkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi untuk bayi di dalam kandungan. Kekurangan asupan air bisa mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan prematur. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi cukup air, sehingga terhindar dari infeksi kandung kemih, pembengkakan berlebihan pada tubuh, mencegah dari hemoroid dan konstipasi.

Baca Juga  Simak, Inilah Khasiat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Anda di sarankan untuk minum air putih sekitar 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas air setiap hari selama masa kehamilan. Selain mengkonsumsi air putih, cairan juga dapat diperoleh dari buah-buahan yang berkadar air tinggi, susu dan jus. Akan tetapi, beberapa minuman ringan yang mengandung kadar gula tinggi bisa menyebabkan hipertensi (darah tinggi) dan kenaikan berat badan yang melampau normalnya.

Sayur dan buah

Setelah air, makanan sehat ibu hamil trimester pertama dan selanjutnya adalah sayuran dan buah-buahan. Kedua kelompok makanan ini sangat penting dan dibutuhkan oleh Anda yang sedang hamil. Dianjurkan untuk makan minimal 5 porsi sayuran dan buah-buahan yang berbeda setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti mineral, vitamin dan serat. Berikut, contoh sayur dan buah yang disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil secara teratur :

  • Alpukat satu buah yang berukuran sedang. Buah ini kaya asam folat, vitamin B6, Vitamin C, serat dan potasium. Kadar asam lemak tidak jenuh tunggal juga terdapat di buah avoked yang diperlukan dalam pembentukan sel syaraf, otak dan mata bayi.
  • Brokoli sebanyak 100g atau setara dengan 1 gelas. Sayuran ini tinggi asam fola serta kalsium yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan tulang. Sehingga, sangat tepat jika orang tua menyarankan kita untuk makan brokoli pada saat hamil karena merupakan makanan sehat untuk ibu hamil.
  • Kacang merah sebanyak 2004 atau 1 sendok makan. Makanan ini kaya akan zat besi, proten antioksidan yang mempunyai manfaat untuk membantu perkembangan kognitif bayi.
  • Pisang satu buah yang berukuran sedang. Pisang mengandung vitamin B6 dan potasium berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh.
  • Kacang edamame 2,5 sendok makan. Konsumsi sebagai cemilan yang tinggi asam folat, protein, kalsium, zat besi vitamin A dan B.
  • Apel satu buah. Apel mengandung vitamin C yang tinggi dan juga serat yang bisa mencegah terjadinya sembelit serta menurunkan kolesterol.
  • Wortel dua buah. Tinggi vitamin A bermanfaat dalam pembentukan tulang dan mata bayi.
  • Dengan mengkonsumsi makanan yang bervariasi, Anda bisa memaksimalkan asupan nutrisi untuk tubuh dan janin Anda. Sehingga Anda sehat, bayi pun sehat.
Baca Juga  Simak, Inilah 7 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dilihat Secara Fisik