INTERNASIONAL

Peringati Asyura, Puluhan Peziarah Tewas di Karbala

IRAK, wartanews.id – Peringatan Hari Asyura di Karbala, Irak, Selasa (10/9/2019), berubah jadi banjir darah. Sebanyak 31 orang dilaporkan tewas dan 102 lainnya terluka dalam prosesi ritual muslim Syiah tersebut.

Kementerian Kesehatan Irak mengungkapkan  jumlah korban tewas diperkirakan masih akan terus bertambah. Pasalnya, terdapat beberapa korban terluka yang saat ini dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Suasan peringatan Asyura di Karbala (F. Istimewa)

Pihak otoritas setempat tidak memberikan informasi pasti tentang penyebab meninggalnya para peziarah itu. Namun, saksi mata mengungkapkan bahwa banyak di antara korban terinjak-injak saat berdesakan menuju tempat suci Imam Hussein.

“Peziarah berjatuhan dan saling tindih, kami tidak bisa menolong mereka,” ujar Abdel Mahdi, salah satu peziarah kepada Reuters.

Asyura sendiri diperingati muslim Syiah pada hari ke-10 Muharam. Ritual ini mengenang tewasnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, dalam Perang Karbala pada tahun 680.

Peringatan ini ditandai dengan ritual berduka dan rekonstruksi peristiwa wafatnya Imam Hussein. Salah satu ritual yang dilakukan adalah `lari Tuwairij`. Pada ritual itu, para peziarah berlari menuju Masjid Imam Hussein guna mengenang pelarian adik Hussein, Abbas, dari Desa Tuwairij ke Karbala guna menyelamatkan Hussein dalam pertempuran abad ke-7.

Ribuan Muslim Syiah saat berdesak-desakan menuju tempat suci Imam Hussein. (F. Istimewa)

Sejumlah insiden pernah terjadi dalam peringatan Asyura. Pada 2004, lebih dari 140 orang tewas dalam serangkaian pengeboman di Karbala dan Baghdad.

Di Tahun berikutnya, sebanyak 965 peziarah tewas di sebuah jembatan yang melintasi Sungai Tigris di ibu kota Irak, Baghdad. Hal ini terjadi karena para peziarah dilanda kepanikan setelah ada rumor mengenai keberadaan pengebom bunuh diri. (*)

Sumber : jpn.com
Editor : G. Latarawe

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close