DAERAH

Sekda Buka FGD PPKD Pohuwato

POHUWATO, wartanews.id – Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah yang berlangsung di Golden Sri Marisa, Kamis, (7/11/2019), dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Djoni Nento.

Menurut Sekda, Pemda pohuwato sejauh ini sangat mendorong dan berharap penyusunan dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Pohuwato tahun 2019.  Dokumen ini menurutnya, merupakan dokumen penting dalam pemajuan kebudayaan daerah sebagaimana diamanatkan oleh UU, dan merupakan kewajiban Pemda dalam merumuskannya melalui pokok pikiran kebudayaan daerah yang akan menjadi dasar pemerintah pusat dalam merancang strategi kebudayaan nasional.

Sebagaimana kita ketahui, budaya memegang peranan penting dalam proses perubahan dan pembangunan, terlebih di Kabupaten Pohuwato. Kebudayaan yang cukup dominan mewakili aspek politik sosial budaya dan pranata.
“Kedua unsur dominan dalam kebudayaan kita adalah, budaya masyarakat dengan berbagai etnis budaya, yang sejak dahulu sampai sekarang hidup rukun berdampingan,” kata Sekda dalam sambutannya.

Berdasarkan hal tersebut, Sekda Djoni dihadapan Dirjen Kebudayaan, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa, penyusunan dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah sebagai ruang etalase bagi kita untuk melihat seberapa maju kebudayaan yang kita miliki, dan untuk melihat sejauh mana peran budaya dalam memberikan kontribusi pembangunan di Provinsi Gorontalo, termasuk di Kabupaten Pohuwato.

“Kita ketahui bersama, budaya dalam perspektif virtual, tidak sekedar simbol warisan peninggalan masa lampau yang diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Lebih dari itu, kebudayaan sebagai representasi perjalanan waktu umat manusia,” tandas Sekda Djoni. (HMS/Iwan)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close