Simak, Inilah 7 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dilihat Secara Fisik

Wartanews.id – Selain menggunakan Test pack yang banyak dijual dipasaran, anda dapat melihat dari ciri-ciri tanda kehamilan yang dapat dipantau secara fisik.

Kehamilan adalah hal yang selalu didambakan oleh setiap pasangan. Namun, seringkali wanita tak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil sehingga ia kerap kali melakuakan hal yang tak semestinya dilakukan oleh ibu hamil.

Oleh karena itu, sudah selayaknya semua wanita mengetahui ciri awal kehamilan agar Mereka dapat menjaga kehamilan mereka sejak minggu-minggu pertama. Adapun ciri awal kehamilan yang nampak dari fisik antara lain:

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jus Buah yang Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

Pendarahan atau Bercak Darah

Ciri awal kehamilan yang paling sering terjadi adalah munculnya bercak darah. Bercak darah umunya berwarna coklat tua atau merah kehitaman. Bercak seperti ini disebut juga sebagai perdarahan implantasi atau perdarahan yang disebabkan oleh menempelnya embrio pada dinding rahim.

Baca Juga  5 Langkah Pertolongan Pertama dalam Mengobati Demam secara Efektif

Kram Perut / Sakit Perut

Pada awal kehamilan, wanita juga akan mengalami kram perut. Dalam hal ini, perut akan merasa mengencang selama beberapa saat seperti saat sedang haid. Hal seperti ini disebabkan oleh penyesuaian rahim terhadap embrio yang baru saja menempel.

Perubahan Payudara

Ciri awal kehamilan lainnya adalah adanya perubahan payudara. Pada minggu pertama kehamilan, payudara akan terlihat membesar dan lebih sensitive. Jika diperhatikan bintil payudara disekitar puting akan nampak membesar dan terkadang terasa gatal. Perubahan lain juga nampak pada puting yang sedikit menonjol, lebih keras dan lebih besar. Adapun jika disentuh, payudara akan terasa lebih lembut.

Baca Juga  Jarang Disadari, Inilah 8 Manfaat Positif Dibalik Sering Mengkonsumsi Jahe

Terlambat Datang Bulan atau Menstruasi

Tanda awal kehamilan yang paling kentara adalah terlambat datang bukan atau tidak haid. Hal ini disebabkan bahwa sel telur yang berhasil dibuahi tidak akan dikeluarkan dari dalam tubuh melainkan akan terus berkembang menjadi janin.

Mual-mual dan Muntah

Mual Menjadi tanda Awal kehamilan

Mual Menjadi tanda Awal kehamilan

Tidak semua ibu hamil mengalami tanda awal kehamilan ini. Namun, mual di pagi hari tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu indikasi bahwa Anda sedang hamil muda.

Sering Buang Air kecil

Ciri awal kehamilan selanjutnya adalah sering buang air kecil hal ini dikarenakan kandung kemih tertekan oleh janin. Gejala ini biasanya akan berlangsung menghilang ketika usia kehamilan memasuki usia 12 minggu dan akan muncul kembali ketika kehamilan memasuki usia 28 minggu.

Baca Juga  Aplikasi Keluarga Sehat, Layanan Kesehatan Terpadu Dari Pemerintah

Mudah Lelah

Ciri awal kehamilan yang terakhir adalah mudah lelah. Mudah lelah diakibatkan oleh energi yang Anda miliki harus dibagi dua dengan janin. Rasa lelah akan muncul meskipun Anda hanya melakukan kebasaan sehari-hari. Pada penderita darah rendah, kelelahan akan semakin terasa dan bahkan seringkali menyebabkan wanita harus bed rest selama minggu-minggu pertama.

Baca Juga: Simak, Inilah Khasiat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Nah, demikianlah tanda awal kehamilan yang dapat dijadikan indikasi bahwa Anda sedang hamil muda. Jika menemui tanda di atas, ada baiknya Anda melakukan tes kehamilan. Bukankah lebih awal mengetahui kehamilan akan lebih baik bagi kesehatan Anda dan janin?