Simak, Inilah Kebiasaan yang Wajib Dihindari Agar Keuangan Tetap Sehat

Wartanews.id –¬†Setiap orang sepertinya menginginkan agar keuangan selalu sehat. Memiliki tabungan, dapat berinvestasi, dan juga terbebas dari lilitan hutan piutang. Akan tetapi, tidak muda ternyata untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Ada beberapa cara cermat untuk mengatur keuangan yang lebih baik Anda pahami agar nantinya keuangan Anda dan keluarga lebih sehat.

Bila Anda sudah paha cara pengatur keuangan, tantangan yang selanjutnya adalah dengan menjalankannya dengan disiplin. Sebab menurut perencanaan keuangan yang ada, bahwa masalah yang sering sekali muncul di dalam sebuah keluarga terkadang bukan dikarenakan penghasilan yang kurang, akan tetapi dikarenakan kebiasaan yang salah di dalam mengelola keuangan.

Baca Juga  Update! Harga Telur Ayam Ras Hari Ini, Rabu 2 Juni 2021: Terjadi Fluktuasi Harga

Kebiasan salah inilah bisa jadi masalah berkepanjangan jika tidak segera diubah. Nah, supaya Anda tidak berbelit oleh masalah keuangan keluarga, maka hindari beberapa kesalahan berikut ini.

Ini kebiasaan yang wajib dihindari agar keuangan tetap sehat

Kurang bijak dalam penggunaan kartu kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang cukup praktis. Bagaimana tidak, tinggal gesek, maka seua urusan pembayaran akan terselesaikan. Tapi, ada persepsi yang kurang tepat dari penggunaan kartu yang satu ini. Selama ini kartu kredit dipergunakan sebagai alat untuk berhutang. Padahal kartu kredit tersebut merupakan pengganti pembayaran dana tunai. Jadi, pastikan Anda memiliki uang terlebih dulu barulah Anda bisa menggunakan kartu kredit. Jangan pernah menekan penggunaan kartu kredit, padahal tidak memiliki uang simpanan.

Baca Juga  Pelajari Cara Mengelola Keuangan Pribadi yang Sehat Bagi Mahasiswa

Tidak membiasakan berinvestasi dan menabung

Janagn sampai Anda lupa untuk menyisihkan uang di depan untuk berinvestasi dan menabung. Sebab itu jangan menabung atau pun berinvestasi dengan sisa uang yang ada. Tabungan dapat Anda pergunakan untuk dana cadangan, sedagkan investasi ini bisa Anda pergunakan untuk capai suatu tujuan uang dalam jangka panjang.

Baca Juga  5 Tips Sederhana Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Cerdas

Tidak bergantung kepada orang lain dalam hal keuangan

Harus Anda tahu juga bahwasannya ada kalanya Anda perlu meminjam uang pada saudara atau pun teman untuk penuhi keperluan keuangan keluarga. Tapi, jangan jadikan hal ini sebagai suatu kebiasaan. Anda di haruskan untuk bisa mengerem kebiasaan berhutang, apalagi hutan untuk keperluan konsumtif saja. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan membedakan antara keperluan dengan keinginan.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang wajib dihindari agar keuangan tetap sehat yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.