Simak, Inilah Khasiat Jagung Manis Rebus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Wartanews.id – Jagung manis merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan. Selain dapat digunakan untuk bahan masakan, jagung manis juga dapat di-konsumsi secara langsung dengan cara direbus. Ternyata terdapat khasiat jagung manis rebus untuk ibu hamil yang mungkin jarang diketahui oleh orang banyak.

Di dalam jagung manis terdapat beberapa kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, maka dari itu Anda wajib mengenal khasiat jagung manis rebus untuk ibu hamil. Karena sebagai seorang calon ibu, Anda harus memiliki nutrisi yang cukup, mengingat yang memerlukan gizi tersebut bukan hanya Anda, melainkan si jabang bayi juga.

Baca Juga  Selain Enak, 5 Manfaat Memakan Cokelat Ini Sangat “WOW” Bagi Kesehatanmu

Sebelum mengenal lebih jauh tentang khasiat jagung manis rebus untuk ibu hamil, ada baiknya memahami tentang nutrisi dalam jagung manis, terdiri dari:

  • Vitamin B12 60 microgram
  • Karbohidrat 26,70 gram
  • Lemak 1,90 gram
  • Kalori 120 Kal
  • Protein 5 gram
  • Glukosa 8,90 gram
  • Serat 3 gram
  • Kalium 386 gram

Sedangkan untuk khasiat jagung manis rebus untuk ibu hamil ialah:

Dapat mencegah Cacat Tulang Belakang serta Sistem Saraf Bayi

Pada jagung manis terdapat kandungan vitamin B12 dan folat yang memiliki manfaat cukup baik bagi janin, yakni guna mencegah cacat tulang belakang serta sistem saraf bayi. Tak hanya itu, khasiat jagung manis rebus untuk ibu hamil juga dapat menambah kesuburan bagi wanita yang ingin memiliki momongan, serta memberikan pencegahan terhadap hidrosefalus. Maka bagi wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung manis yang direbus.

Baca Juga  Gak Harus Mahal, 5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Memberikan pencegahan terhadap sembelit

Sembelit atau yang dikenal dengan sulit buang air besar ini biasanya sering dialami oleh ibu hamil. Tentu hal ini  akan memberikan rasa tidak nyaman sekaligus sakit sewaktu buang air. Dengan adanya serat pada jagung manis yang cukup tinggi, maka dapat dijadikan obat untuk sembelit yang dialami oleh ibu hamil.

Mencegah Diabetes dan Darah tinggi

Dalam jagung manis juga tersedia agen anti kanker serta glukosa alami. Kedua nutrisi tersebut dapat mencegah diabetes, tekanan darah tinggi serta kanker.

Baca Juga  Simak, Inilah 7 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dilihat Secara Fisik

Menjaga kesehatan mata bayi dan ibunya

Jagung manis yang memiliki warna masih kuning memiliki kandungan beta karoten, manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata ibu beserta janin yang dikandung agar terhindar dari cacat mata.

Dapat mencegah darah rendah

Anemia atau tekanan darah rendah dapat terjadi pada ibu hamil. Dengan kandungan mineral seperti tembaga, zat besi dan kalium pada jagung manis akan dapat menepiskan terjadinya anemia pada ibu hamil.

Beberapa khasiat jagung manis rebus untuk ibu hamil bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jagung manis secara rutin.