POLITIK

Strategi Pilkada ala Golkar Pohuwato, Menangkah atau Justru Terjungkal?

wartanews.id – Hal pertama yang terbesit dalam benak saat menyebut nama Partai Golkar Pohuwato adalah, ‘Partai Penguasa’. Beralasan memang jika partai berlambang beringin itu kekuatannya sangat diperhitungkan oleh partai lain yang ada di Pohuwato. Kualitas dan pembuktian yang telah dicatatkan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah. Di Pohuwato, satu dasawarsa penuh, partai besutan Airlangga Hartanto tersebut masih kokoh dan kian solid.

Jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Pohuwato 2020 nanti, Kedigdayaan Golkar Pohuwato sepertinya bakal menemui sejumlah ujian berat. Pertama, hingga kini (Desember 2019), Golkar Pohuwato belum juga memutuskan siapa kadernya yang bakal diusung ikut kontestasi. Soal kader, Golkar Pohwuato terbilang punya banyak stock kader berkualitas di atas rata-rata. Namun mengapa Golkar Pohuwato belum juga memutuskan siapa sang ‘Putra Mahkota’ itu.

Keadaan ini semakin keruh saja manakala partai peraih kursi terbanyak di DPRD Pohuwato ini, justru umbar sensasi timbul tenggelam. Sejumlah nama besar kader seperti Nasir Giasi, Iwan Adam, Beni Nento hingga Hamdi Al-Amri, silih berganti ramaikan pemberitaan dan mengklaim dirinyalah Calon Bupati Pohuwato dari Partai Golkar, sambil berlindung dibalik petuah, “Semua kader Golkar wajib mempromosikan diri”. Tidak ada yang salah jika masyarakat kemudian menilai Golkar Pohuwato kini berada dalam ‘Kegamangan’.

Kedua, Golkar Pohuwato yang dipimpin oleh Syarif Mbuinga ini berkemungkinan bakal tidak didukung oleh sang Kakak Kandung, H. Pulu Mbuinga, yang selama ini diketahui memiliki kekuatan finansial dan telah terbukti menghantarkan Syarif menjadi Bupati Pohuwato dua periode. Itu dikarenakan, sang kakak telah lebih dulu menyatakan sikap mendukung Saipul Mbuinga yang notabene berbendera Gerindra. Jika toh Golkar harus kehilangan dukungan finansial dari H. Pulu, akankah Golkar masih jadi pemenang di Pilkada 2020 nanti, atau justru terjungkal?

Ketidakjelasan Golkar Pohuwato tentang siapa Calon Bupati membuat publik semakin jenuh dengan ketidakpastian yang dipertontonkan. Pertanyaan yang muncul selanjutnya, apakah saat ini Golkar Pohuwato tengah tersandera? Apakah yang dilakukan hanya sebuah strategi ‘Tiki-taka’ ala Golkar Pohuwato untuk Pilkada 2020?

Penulis : G. Latarawe
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close